Sabtu, 11 Januari 2014

Kelebihan dan Kekurangan LAN, MAN, WAN


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhn2fwHA_0N5c9yW5TBAf8zyC7bHhGzP4_9BczoZtUiPym9KntakY072S64lHfIMP8Tgq3CqRofM4Ek29UovSF49g5KTT5jhLAGw0nQJl6SPOI3yFxAo9Kf8-dK3Ojm5C0Q1Djg9-o-ssP8/s1600/bang+bejo.png

Pada model jaringan LAN, MAN, dan WAN mempunyai fungsi yang sama, tetapi mempunyai perbedaan dalam cara kerja dan kinerja dari masing masing model jaringan tersebut. Sehingga model jaringan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan pada masing-masing model jaringan tersebut. Berikut ini adalah kekuranngan dan kelebihan yang dimiliki masing-masing model jaringan komputer:


Kelebihan LAN

LAN membolehakan pengguna mengkongsikan sumber komputer atau berbagi sumberdaya (resource sharing). Konfigurasi keterhubungan antara beberapa komputer menggunakan topologi.

Kekurangan LAN
Kekurangan LAN keterbatasan dalam media transmisi dan jangkauan pada penggunaanya. Kekurangan lain lainnya adalah pada sistem keamanan yang dimilikinya, sistem keamanan pada LAN menggunakan WEP, tetapi WEP hanya menyediakan protokol keamanan yang sangat minimum.



Kelebihan MAN
MAN memiliki kelebihan dalam jangkauan media transmisi daripada LAN, dan mempunyai kelebihan data trasfer rate yang lebih besar daripada LAN.

Kekurangan MAN
Kekurangan MAN kebanyakan bersaing dalam masalah terminal, yang akhirnya mengganggu jaringan dalam berkomunikasi satu dengan lainnya.




Kelebihan WAN
  • Bisa diakses dengan jangkauan area geografis yang luas sehingga melakukan aktifitas jarak jauh dapat menggunakan jaringan ini.
  • Dapat berbagi (share) software dan resources dengan menggunakan workstation.
  • Semua orang yang berada dalam jaringan MAN dapat berbagi data yang sama.
  • Dapat berbagi file share pada area yang luas.

Kekurangan WAN
  • Biaya operasional yang mahal dan umunya lambat.
  • Memerlukan firewall yang bagus untuk mencegah pengguna dari luar masuk dan mengganggu pengguna yang didalam.
  • Keamanan dari pengguna nakal (hacker, virus maker) menambah biaya pada sistem keamanan MAN.
Informsi tidak memenuhi kebutuhan lokal maupun kepentingan sendiri

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 MASTER MULTIMEDIA | Design : Noyod.Com